Kamis, 02 Oktober 2014

MOTIVASI BELAJAR

Haloooooooo para blogger, masih ingat dengan acara ‘Laptop Si Unyil’ ? Ya, itu adalah salah satu acara yang menyajikan sajian menarik dan meningkatkan motivasi belajar pada anak-anak. Kita ketahui banyak kalangan anak muda sekarang yang malas atau cenderung lebih suka menonton acara di televisi ketimbang belajar. Semenjak duduk di bangku sekolah hingga bangku perkuliahan, aktivitas belajar memang sebuah kewajiban dan tanggungjawab kita sebagai pelajar. Untuk itu, pada artikel kali ini saya akan membagi tips Motivasi Belajar yang tidak membosankan. Berikut ini adalah tipsnya :

1.     Ada baiknya mencari referensi sebanyak mungkin tentang materi yang akan dipelajari baik itu dari buku maupun dari internet.

2.   Cari tempat yang menurut anda nyaman untuk belajar dan jauh dari yang namanya kebisingan. Karena biasanya orang yang belajar dalam suasana yang ramai konsentrasinya akan pecah dan tidak fokus dalam belajar.

3.  Luangkan waktu bersama teman untuk melakukan kerja kelompok, karena dengan begitu kita bisa saling bertukar pikiran dan menambah wawasan atau pengetahuan kita tentang materi yang dibahas.

4.    Belajar yang baik itu bukan hanya di dalam ruangan, tetapi bisa dengan mengexplore alam. Seperti kita ketahui, belajar di dalam ruangan bisa membuat seseorang jenuh atau terkadang bosan dengan aktivitas yang ada di dalam ruangan.

5.     Luangkan waktu untuk beristirahat, karena jika belajar dengan kondisi badan yang sedang tidak fit akan mengganggu semua kegiatan belajar dan tidak fokus dengan apa yang akan dipelajari nantinya.

6.   Bergaul lah dengan teman yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi dan jangan pernah takut mencoba hal-hal baru.

7.  Selalu optimis disetiap kesempatan dan jangan bilang tidak bisa sebelum mencoba.

8.    Patuh dan taat kepada kedua orang tua, karena bagaimanapun beliau lah yang sampai hari ini selalu mensupport dan selalu mendukung anaknya untuk menjadi orang sukses di kemudian hari.

9.   Dan yang terkahir adalah selalu bersyukur dengan apa yang telah dicapai. Ada pepatah yang mengatakan “Orang sukses itu adalah orang yang menghargai proses”.


Itulah beberapa tips motivasi belajar yang mungkin bisa anda coba. Semoga artikel ini dapat membantu meningkatkan motivasi belajar bagi genereasi muda ke depannya.

0 komentar:

Posting Komentar