PT Excelcomindo Pratama Tbk atau yang sekarang dikenal
dengan PT XL Axiata merupakan sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler
di Indonesia. XL mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996,
dan merupakan perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon
seluler di Indonesia. Selain itu XL juga menyediakan layanan korporasi yang
termasuk Internet Service Provider(ISP) dan VoIP.
Spesifikasi
Produk
Pada tahun 1996, XL memasuki sektor telekomunikasi
setelah mendapatkan izin operasi GSM 900 dan secara resmi meluncurkan layanan
GSM. Dengan demikian, XL menjadi perusahaan swasta pertama di Indonesia yang
menyediakan layanan telepon selular. XL telah berkembang dari perusahaan kecil
yang menjual layanan dasar telepon menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi
terbesar di tanah air, dengan infrastruktur jaringan dan layanan yang sangat
luas di seluruh tanah air. XL menyediakan layanan untuk pelanggan ritel dan
menawarkan solusi bisnis kepada pelanggan perusahaan.
Jaringan XL menggunakan teknologi GSM 900/DCS 1800 dan
IMT-2000/3G. XL juga memiliki beberapa lisensi, termasuk closed regular network
(leased line), Internet Service Provider (ISP), Voice over Internet Protocol
(VoIP), dan Internet interconnection services (NAP). XL bahkan telah memperoleh
lisensi untuk e-Money (uang elektronik) dari Bank Indonesia, yang memungkinkan
XL menyediakan layanan pengiriman uang.
Segmentasi Produk
Produk yang
ditawarkan oleh XL Axiata ini berbagai macam diantaranya :
- Kartu XL Prabayar -
Kartu
XL Prabayar merupakan peleburan dari 3 produk prabayar XL sebelumnya, yaitu
'ProXL, Bebas, Jempol, dan Jimat. Peleburan menjadi satu lini produk ini merupakan
upaya XL untuk memangkas biaya pemasaran Jempol yang memiliki perkembangan
kurang siginifikan jika dibandingkan dengan Bebas.
- Kartu Perdana
ProXL -
Kartu
Perdana ProXL, diluncurkan pertama kali pada tanggal 31 Desember
1997 setelah berakhir pada
tanggal 1 Juni
2004 ProXL mengubah nama
menjadi XL, dengan tambahan fitur dan layanan. Bebas difokuskan dalam
memberikan kemurahan tarif percakapan suara. Dalam perkembangannya, Bebas
selalu memberikan tarif promosi percakapan suara yang bervariasi, mulai dari
Rp25/detik, Rp10/detik, Rp1/detik, Rp0,1/detik, Rp600 sampai gratis.
- Kartu Perdana
Bebas -
Kartu Perdana Bebas
diluncurkan pertama kali pada tanggal 1 Juni
2004. Produk ini merupakan
kelanjutan produk XL sebelumnya. Diluncurkan kembali pada bulan Februari 2013.
- Kartu
Perdana Jempol -
Kartu
Perdana Jempol diluncurkan pertama kali pada tanggal 1 Juni
2004. Jempol awalnya
merupakan produk prabayar versi murah dari XL dengan menerapkan tarif hemat
Rp99/SMS untuk SMS ke sesama XL dan Rp399/menit untuk percakapan suara ke nomor
telepon rumah. Jempol juga sempat memberikan kemurahan tarif percakapan suara
ke beberapa negara.
- Kartu XL
Pascabayar -
Kartu XL Pascabayar
sebelumnya dikenal dengan nama Xplor. Perubahan ini seiring dengan
restrukturisasi lini produk XL dimana hanya ada 1 lini produk masing-masing
untuk prabayar dan pascabayar.
Analisis Situasi Pasar
Tren industri telekomunikasi yang terjadi
saat ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan baik dari segi pemain
maupun pengguna. Di sisi lain, teknologi telekomunikasi yang ada masih dalam
tahap pengembangan sehingga masih akan muncul teknologi atau fitur baru di masa
depan. Pangsa pasar yang sangat besar di Indonesia
khususnya anak muda merupakan satu peluang yang sangat prosfektif dan
menjanjikan dan telah mampu ditangkap serta dimamfaatkan dengan baik oleh XL
karena mampu melihat dan menganalisa karakter serta kondisi anak muda Indonesia
yang sangat kompleks dan variatif yang artinya juga memiliki keinginan dan hasrat
yang beragam pula.
Dengan mengandalkan berbagai macam jenis paket dalam programnya yang ditawarkan kepada konsumen, XL telah berhasil memberikan suatu pilihan kepada konsumen untuk memilih cara dan biaya berkomunikasi yang sesuai dan mereka inginkan sehingga memberikan kemudahan dan keleluasaan kepada pelanggan dalam berkomunikasi, dengan model ini XL telah mampu menggait konsumen yang besar khususnya dalam segmentasi anak muda.Strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi PT XL Axiata adalah strategi Best Cost Provider yang berfokus pada diferensiasi dan cost leadership yang merupakan keunggulan kompetitif berkelanjutan perusahaan dan menyesuaikan dengan faktor sukses kunci di Industri Telekomunikasi.
Strategi Promosi
Tahun 2009
Pertama di Indonesia, XL meluncurkan “Nano SIM card”
untuk pelanggan. Nano SIM card adalah kartu SIM dengan ukuran yang semakin
kecil khusus untuk digunakan dalam ponsel iPhone. Penyediaan Nano SIM Card ini
diharapkan juga bisa semakin mendukung fokus bisnis XL untuk mendorong
masyarakat dalam menggunakan layanan Data XL
Tahun 2011
Pada tahun 2011 XL meluncurkan “XL Rumahnya Android”,
yang akan membantu mendorong adopsi mobile internet di Indonesia. XL akan
berkolaborasi dengan GoogleTM sebagai penyedia sistem operasi Android untuk
membangun serta mempromosikan “XL Rumahnya Android”. Kolaborasi selama dua
tahun ini ditujukan untuk mempromosikan “XL Rumahnya Android” guna memberikan
lebih banyak manfaat baik kepada pengguna XL maupun pengguna Android.
Tahun 2012
XL terus memperkaya layanan inovatif machine to
machine(M2M). Ada dua layanan baru yang dikembangkan, yaitu sistem pencatatan
meteran listrik/gas/air dan personal tracker. Untuk itu, XL bekerja sama dengan
dua mitra baru dalam pengembangan layanan baru tersebut, yaitu EDMI sebagai
penyedia sistem dan perangkat AMR (automated meter reading) dan Asia Quattro
Net (AQN) sebagai pengembang personal tracker. Selain itu XL menjalin kerja
sama dengan Accenture untuk mengembangkan aplikasi bisnis M2M.
Media Promosi
XL sebagai salah satu perusahaan
besar menggunakan berbagai media promosi untuk menunjang pengenalan produk
mereka di pasaran antara lain dengan pemasangan iklan, media elektronik seperti
televisi dan radio atau dengan mengadakan event-event tertentu. Tidak dapat di
pungkiri memang bahwa media elektronik berpengaruh besar terhadap
promosi dan penjualan sebuah produk provider tersebut.
Komentar :
PT Ecelcomindo atau XL Axiata ini meruapakan salah satu perusahaan besar
yang bergerak di bidang telekomunikasi. Menurut referensi yang saya baca dari
berbagai internet, PT XL Axiata ini adalah salah satu perusahaan telekomunikasi
terbesar dalam lingkup kawasan Asia Pasifik. XL memiliki empat
produk GSM , yaitu Bebas (prabayar), Jempol (prabayar), Xplor Jimat. Namun
seiring berkembangnya teknologi yang semakin modern saat ini XL telah
memberikan layanan paket data jaringan internet yang sangat luas di Indonesia.
Beberapa bulan lalu saya pernah mencoba memakai operator ini dan bisa dibilang
XL Axiata mampu memberikan kenyamanan serta pelayanan yang baik untuk
penggunanya.
Untuk persaingan bisnis sendiri, PT XL
Axiata bersaing dengan perusahaan telekomunikasi lainnya yang ada di Indoensia
seperti Telkomsel, Indosat, Axis, 3(Tri), Bakrie Telkom dll. Saran saya bagi
para pengguna telpon seluler diharapkan lebih cermat dalam memilih sebuah
provider karena hampir semua provider memberikan program yang sama bagi para
penggunanya baik dari harga, layanan, fitur, jaringan internet hingga tarif
telpon.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar