Kamis, 30 Oktober 2014

ASPEK PEMASARAN PT XL AXIATA


 PT Excelcomindo Pratama Tbk atau yang sekarang dikenal dengan PT XL Axiata merupakan sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. XL mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996, dan merupakan perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon seluler di Indonesia. Selain itu XL juga menyediakan layanan korporasi yang termasuk Internet Service Provider(ISP) dan VoIP.

Spesifikasi Produk

Pada tahun 1996, XL memasuki sektor telekomunikasi setelah mendapatkan izin operasi GSM 900 dan secara resmi meluncurkan layanan GSM. Dengan demikian, XL menjadi perusahaan swasta pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telepon selular. XL telah berkembang dari perusahaan kecil yang menjual layanan dasar telepon menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di tanah air, dengan infrastruktur jaringan dan layanan yang sangat luas di seluruh tanah air. XL menyediakan layanan untuk pelanggan ritel dan menawarkan solusi bisnis kepada pelanggan perusahaan.

Jaringan XL menggunakan teknologi GSM 900/DCS 1800 dan IMT-2000/3G. XL juga memiliki beberapa lisensi, termasuk closed regular network (leased line), Internet Service Provider (ISP), Voice over Internet Protocol (VoIP), dan Internet interconnection services (NAP). XL bahkan telah memperoleh lisensi untuk e-Money (uang elektronik) dari Bank Indonesia, yang memungkinkan XL menyediakan layanan pengiriman uang.

Segmentasi Produk

Produk yang ditawarkan oleh XL Axiata ini berbagai macam diantaranya :

- Kartu XL Prabayar -

Kartu XL Prabayar merupakan peleburan dari 3 produk prabayar XL sebelumnya, yaitu 'ProXL, Bebas, Jempol, dan Jimat. Peleburan menjadi satu lini produk ini merupakan upaya XL untuk memangkas biaya pemasaran Jempol yang memiliki perkembangan kurang siginifikan jika dibandingkan dengan Bebas.

- Kartu Perdana ProXL -
Kartu Perdana ProXL, diluncurkan pertama kali pada tanggal 31 Desember 1997 setelah berakhir pada tanggal 1 Juni 2004 ProXL mengubah nama menjadi XL, dengan tambahan fitur dan layanan. Bebas difokuskan dalam memberikan kemurahan tarif percakapan suara. Dalam perkembangannya, Bebas selalu memberikan tarif promosi percakapan suara yang bervariasi, mulai dari Rp25/detik, Rp10/detik, Rp1/detik, Rp0,1/detik, Rp600 sampai gratis.

Kartu Perdana Bebas -
Kartu Perdana Bebas diluncurkan pertama kali pada tanggal 1 Juni 2004. Produk ini merupakan kelanjutan produk XL sebelumnya. Diluncurkan kembali pada bulan Februari 2013.

- Kartu Perdana Jempol -
Kartu Perdana Jempol diluncurkan pertama kali pada tanggal 1 Juni 2004. Jempol awalnya merupakan produk prabayar versi murah dari XL dengan menerapkan tarif hemat Rp99/SMS untuk SMS ke sesama XL dan Rp399/menit untuk percakapan suara ke nomor telepon rumah. Jempol juga sempat memberikan kemurahan tarif percakapan suara ke beberapa negara.

Kartu XL Pascabayar -

Kartu XL Pascabayar sebelumnya dikenal dengan nama Xplor. Perubahan ini seiring dengan restrukturisasi lini produk XL dimana hanya ada 1 lini produk masing-masing untuk prabayar dan pascabayar.


Analisis Situasi Pasar

Tren industri telekomunikasi yang terjadi saat ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan baik dari segi pemain maupun pengguna. Di sisi lain, teknologi telekomunikasi yang ada masih dalam tahap pengembangan sehingga masih akan muncul teknologi atau fitur baru di masa depan. Pangsa pasar yang sangat besar di Indonesia khususnya anak muda merupakan satu peluang yang sangat prosfektif dan menjanjikan dan telah mampu ditangkap serta dimamfaatkan dengan baik oleh XL karena mampu melihat dan menganalisa karakter serta kondisi anak muda Indonesia yang sangat kompleks dan variatif yang artinya juga memiliki keinginan dan hasrat yang beragam pula.

     Dengan mengandalkan berbagai macam jenis paket dalam programnya yang ditawarkan kepada konsumen, XL telah berhasil memberikan suatu pilihan kepada konsumen untuk memilih cara dan biaya berkomunikasi yang sesuai dan mereka inginkan sehingga memberikan kemudahan dan keleluasaan kepada pelanggan dalam berkomunikasi, dengan model ini XL telah mampu menggait konsumen yang besar khususnya dalam segmentasi anak muda.Strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi PT XL Axiata adalah strategi Best Cost Provider yang berfokus pada diferensiasi dan cost leadership yang merupakan keunggulan kompetitif berkelanjutan perusahaan dan menyesuaikan dengan faktor sukses kunci di Industri Telekomunikasi.


Strategi Promosi

Tahun 2009

Pertama di Indonesia, XL meluncurkan “Nano SIM card” untuk pelanggan. Nano SIM card adalah kartu SIM dengan ukuran yang semakin kecil khusus untuk digunakan dalam ponsel iPhone. Penyediaan Nano SIM Card ini diharapkan juga bisa semakin mendukung fokus bisnis XL untuk mendorong masyarakat dalam menggunakan layanan Data XL

               Tahun 2011

Pada tahun 2011 XL meluncurkan “XL Rumahnya Android”, yang akan membantu mendorong adopsi mobile internet di Indonesia. XL akan berkolaborasi dengan GoogleTM sebagai penyedia sistem operasi Android untuk membangun serta mempromosikan “XL Rumahnya Android”. Kolaborasi selama dua tahun ini ditujukan untuk mempromosikan “XL Rumahnya Android” guna memberikan lebih banyak manfaat baik kepada pengguna XL maupun pengguna Android.

       Tahun 2012

XL terus memperkaya layanan inovatif machine to machine(M2M). Ada dua layanan baru yang dikembangkan, yaitu sistem pencatatan meteran listrik/gas/air dan personal tracker. Untuk itu, XL bekerja sama dengan dua mitra baru dalam pengembangan layanan baru tersebut, yaitu EDMI sebagai penyedia sistem dan perangkat AMR (automated meter reading) dan Asia Quattro Net (AQN) sebagai pengembang personal tracker. Selain itu XL menjalin kerja sama dengan Accenture untuk mengembangkan aplikasi bisnis M2M.


Media Promosi

XL sebagai salah satu perusahaan besar menggunakan berbagai media promosi untuk menunjang pengenalan produk mereka di pasaran antara lain dengan pemasangan iklan, media elektronik seperti televisi dan radio atau dengan mengadakan event-event tertentu. Tidak dapat di pungkiri memang bahwa media elektronik berpengaruh besar terhadap promosi dan penjualan sebuah produk provider tersebut.


Komentar :

    PT Ecelcomindo atau XL Axiata ini meruapakan salah satu perusahaan besar yang bergerak di bidang telekomunikasi. Menurut referensi yang saya baca dari berbagai internet, PT XL Axiata ini adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar dalam lingkup kawasan Asia Pasifik. XL memiliki empat produk GSM , yaitu Bebas (prabayar), Jempol (prabayar), Xplor Jimat. Namun seiring berkembangnya teknologi yang semakin modern saat ini XL telah memberikan layanan paket data jaringan internet yang sangat luas di Indonesia. Beberapa bulan lalu saya pernah mencoba memakai operator ini dan bisa dibilang XL Axiata mampu memberikan kenyamanan serta pelayanan yang baik untuk penggunanya.

   Untuk persaingan bisnis sendiri, PT XL Axiata bersaing dengan perusahaan telekomunikasi lainnya yang ada di Indoensia seperti Telkomsel, Indosat, Axis, 3(Tri), Bakrie Telkom dll. Saran saya bagi para pengguna telpon seluler diharapkan lebih cermat dalam memilih sebuah provider karena hampir semua provider memberikan program yang sama bagi para penggunanya baik dari harga, layanan, fitur, jaringan internet hingga tarif telpon.


Sumber :

                                                   






0 komentar:

Posting Komentar