Kamis, 06 Desember 2012

Konvergensi Teknologi di Indonesia

Seiring perkembangan zaman, Teknologi Digital kini berperan besar memberikan pengaruh bagi perubahan berbagai aspek kehidupan manusia. Antara lain memfasilitasi berbagai kegiatan seperti komunikasi, bisnis, akademis, dan sebagainya. Shepard (2002) mengemukakan tiga pilar fenomena konvergensi telekomunikasi, yaitu Konvergensi Teknologi, Konvergensi Perusahaan, dan Konvergensi Pelayanan (service). Dan sekarang saya akan menjelaskan mengenai Konvergensi Teknologi dan Contoh Konvergensi Teknologi itu sendiri.

Konvergensi Teknologi pada dasarnya merupakan penyatuan media ke dalam satu basis media yang tunggal. Istilah lain juga menyebutkan bahwa konvergensi teknologi merupakan sebuah bentuk yang menggabungkan antara teknologi tradisional dan teknologi yang baru. Pada dasarnya, konvergensi itu sendiri menyatukan tiga aspek yang kemudian dikenal dengan sebutan tiga C, yaitu Content, Computing, dan Communication. Konvergensi Teknologi disebut sebagai makanisme fasilitasi karena digitalisasi teknologi merupakan pintu gerbang utama untuk membuka peluang bagi perkembangan bentuk konvergensi lainnya, seperti konvergensi perusahaan dan layanan. 




Salah satu contoh nyata dari konvergensi teknologi di Indonesia yaitu “Teknologi Internet” . Internet merupakan konvergensi antara komputer dengan teknologi jaringan serta infrastruktur telekomunikasi telepon ( PSTN dan nirkabel / wirless ). Internet dan telepon seluler memiliki peran penting sebagai medium untuk konvergensi multimedia saat ini.  Ponsel telah berevolusi menjadi perangkat pintar yang dapat melakukan berbagai fungsi tambahan. Telepon seluler tidak lagi hanya sebagai perangkat teknologi tetapi sudah menjadi media masa baru yang ke tujuh setelah media cetak, rekaman, film, radio, TV dan internet. Internet juga mempermudah setiap orang mencari dan mendapatkan informasi dalam beragam bentuk, dari gambar, teks, video dan juga suara.  Penggunaan teknologi digital membuat penggunaan format multimedia tersebut dapat dilakukan.

Berbicara tentang internet, tidak lengkap rasanya bila tidak berbicara tentang world wide web atau biasa disingkat www. Web merupakan salah satu bagian penting yang mendorong munculnya konvergensi digital termasuk teknologinya. Ada tiga alasan yang mendasari kenapa web disebut seperti itu. Pertama, web memiliki daya tarik yang luarbiasa. Keberadaan website menstimulasi adanya visi dunia baru yang berdasarkan atas konvergensi teknologi digital. Visi ini pun pada akhirnya disetujui dan ingin diwujudkan oleh konsumen, perusahaan media, provider, dan juga entrepreneurs.  Alasan kedua adalah web ternyata menjadi penghubung dengan pengguna atau user secara universal.  Pengguna web memang tidak hanya satu dua orang namun beberapa orang dan sangat memungkinkan antara satu pengguna dengan pengguna lainnya terhubung karena kemungkinan mengakses web yang sama pun ada. Alasan terakhir atau alasan ketiga yaitu web telah menjadi penggerak besar penggunaan internet. Internet sudah lama ditemukan dan dikenal namun penemuan weblah yang membuat internet makin banyak diakses.


Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa perkembangan Konvergensi Teknologi yang semakin pesat memberikan pengaruh besar terhadap perubahan berbagai aspek kehidupan manusia baik itu dalam bidang komunikasi, bisinis, akademis dan lain-lain. Kemajuan teknologi telah menjadikan fungsi teknologi informasi dan komunikasi menjadi konvergen sehingga kini muncul istilah ICT (Information and Communication Technology). ICT dengan kemampuan multimedia telah merasuk dalam kehidupan kita dan semakin berpengaruh pada cara kita berkomunikasi, bekerja, berkreasi maupun mendapatkan informasi dan hiburan, dari manapun, tanpa dibatasi lagi oleh ruang dan waktu.




                           ありがとうございます  –  Arigatou Gozaimasu
   Semoga Artikel ini bermanfaat ^^



 Sumber : 



1 komentar:

ezeditting mengatakan...

perkembangan zaman makin lama semakin maju ,untung sekali saya menemukan artikel ini,sangat amat bermanfaat .
Jurnal Teknik
Unimuda Sorong

Posting Komentar