Kamis, 04 Oktober 2012

Pengertian New Media


            Apa sih New Media itu ? Apa manfaat dari New Media ? . Naaaah sekarang saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang apa itu New Media.

New itu artinya baru sedangkan Media dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Kalau menurut saya pribadi New Media itu adalah sebagai sarana perantara dimana kita dengan mudah mendapatkan sebuah informasi yang kita inginkan. Mungkin salah satu contoh dari New Media adalah internet. Kini dengan adanya internet kita tidak perlu bingung untuk mendapatkan informasi. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Sekarang ini banyak jejaring social seperti facebook , twitter , email , website dan lain-lain yang memudahkan kita untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain untuk mendapatkan sebuah informasi yang kita inginkan. Contoh lainnya adalah Komputer. 

Seiring perkembangan waktu tak heran jika banyak orang mulai dari kalangan dewasa atau bahkan anak kecil sekali pun kini bisa mendapatkan informasi dengan sangat mudah. Dengan internet kita dapat mencari tau informasi yang kita inginkan. Salah satunya yaitu melalui  Facebook atau Twitter. Saya akan mengulas sedikit tentang apa itu Facebook ? dan apa Twitter ? . Sedikit info saja siapa sih yang tidak kenal dengan jejaring social ini , mungkin ditelinga kita sudah tidak asing lagi mendengar nama itu. Nah sekarang saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang keduanya. Yang pertama saya akan menjelaskan tentang  Facebook. Facebook adalah salah satu social network yang kini sangat populer didunia. Mulai dari anak kecil , bahkan hingga orang dewasa memiliki account Facebook
masing-masing . Facebook menyediakan fitur-fitur yang menurut saya sudah hampir lengkap atau sempurna dibanding twitter atau social network lainnya. Mengapa ? karena didalam Facebook banyak yang bisa kita dapatkan baik itu informasi ataupun lain-lain Kita pun bisa berkomunikasi dengan teman atau bahkan saudara yang jaraknya jauh sekalipun. Bukan hanya itu saja Facebook pun menyediakan hiburan salah satunya yaitu Games. Jika kita sedang jenuh atau bosan kita bisa kapan saja memainkan game tersebut. Berbeda dengan Twitter , social network yang satu ini mungkin tidak begitu popular dibanding Facebook. Twitter biasanya dipakai oleh kaum remaja dan dewasa. Bagi yang “GAPTEK” twitter biasanya orang menggunakan Facebook untuk mencari tau suatu informasi. Tapi tak perlu dikhawatirkan karena baik Facebook & Twitter kita sama-sama bisa mendapatkan suatu informasi. Selain itu ada situs yang namanya YouTube. Didalam situs ini kita dapat melihat, menonton atau mengupload video yang kita buat sendiri untuk bisa dilihat oleh orang banyak.

Jadi dapat disimpulkan bahwa New Media merupakan suatu perantara baru dimana kita dapat dengan mudah mendapatkan suatu informasi. Manfaat dari New Media itu sendiri banyak sekali salah satunya yaitu sebagai sarana komunikasi yang memudahkan kita untuk bertukar informasi. Tidak bisa dipungkiri memang, perkembangan internet yang begitu cepat dan tanpa batas selain berdampak positif juga cukup meresahkan atau bahkan kesannya akan menimbulkan dampak yang negative bagi si penggunanya dan bahkan akan merugikan orang lain dikemudian hari. Penggunaan internet harus diimbangi dengan pengetahuan yang cukup tentang cara penggunaan internet yang baik dan bermanfaat bagi penggunanya.

^^ Semoga Bermanfaat  ^^

Sumber : https://www.google.co.id/
               http://en.wikipedia.org/wiki/New_media

0 komentar:

Posting Komentar