Minggu, 03 Juni 2012

Cinta Kasih Universal



http://di-ta.com/wp-content/uploads/2012/04/cinta1.jpg          Didalam diri manusia pasti tertanam yang namanya Cinta dan Kasih . Banyak orang mungkin beranggapan bahwa Cinta dan Kasih hanya ditunjukan kepada kekasih atau pasangannya. Padahal arti dari Cinta Kasih itu sendiri sangat luas. Kita bisa menunjukannya kepada siapa saja, selain kepada pasangan kita juga dapat menunjukan kepada keluarga , sahabat atau saudara-saudara kita. Untuk itu setiap orang perlu mengerti arti dari Cinta Kasih itu sendiri . Disini saya akan mencoba menceritakan satu persatu Pengertian Cinta Kasih pada Keluarga, Sahabat dan terhadap Sesama Manusia menurut pemikiran saya sendiri.



:* Cinta Kasih Didalam Keluarga

          Dalam satu keluarga, agar terjalin suasana yang harmonis maka dibutuhkan yang namanya Cinta Kasih. Saling percaya antar satu dan yang lainnya didalam satu keluarga akan membuat keluarga tersebut semakin terlihat harmonis. Kasih sayang didalam keluarga sangat diperlukan terutama kasih sayang kedua orang tua. Beliau adalah ibu dan ayah yang telah mendidik dan membesarkan kita . Saya ambil contoh ketika kita sedang sakit atau sedang ada masalah beliau lah yang selalu ada menemani kita . Kasih dan sayang yang mereka berikan sangat luar biasa dan tidak ada yang bisa menggantikannya. Berbeda lagi ketika kita sedang merasa gembira beliau juga ikut merasakan kegembiraan yang kita rasakan. Alangkah bahagianya ketika kedua orang tua melihat kita sukses diluar sana. Tanpa mereka kita tidak akan bisa seperti sekarang . Bersyukurlah bagi yang masih merasakan kasih sayang kedua orang tua. Karena ada diantara kita yang tidak merasakan kasih sayang dari kedua orang tua. Cinta dan Kasih keluarga terhadap kita tidak bisa digantikan oleh apapun.
         


 :* Cinta Kasih pada Sahabat

          Persahabatan bagai kepompong
          Mengubah ulat menjadi kupu-kupu
          Persahabatan bagai kepompong
          Hal yang tak mudah berubah jadi indah
          Persahabatan bagai kepompong
          Maklumi teman hadapi perbedaan
          Persahabatan bagai kepompong
          Na na na na na na na na na




persahabatan bagai kepompong
mengubah ulat menjadi kupu kupu
persahabatan bagai kepompong
hal yang tak mudah berubah jadi indah
persahabatan bagai kepompong
maklumi teman hadapi perbeda                  
          Lirik lagu diatas sangat menarik bila dicermati. Kata demi kata mengandung arti tentang Persahabtan. Didalam lirik tersebut terdapat kata "Kepompong". Kepompong itu diibaratkan sebagai sebuah proses persahabatan yang pada akhirnya berubah menjadi kupu-kupu. Melalui persahabatan kita bisa menjadi seseorang yang lebih baik. Saya pernah membaca sebuah pepatah yang mengatakan "Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri". Persahabatan memang tidak terjalin secara cepat , butuh waktu yang lama untuk kita bisa saling mengenal satu dengan yang lainnya. Diawali dari pengalaman suka dan duka serta canda dan tawa lah kita memulai Persahabatan. Sahabat akan selalu ada ketika kita sedang dalam masalah karena cinta sahabat lebih besar daripada cinta seorang kekasih. Dalam menjalin persahabatan anatara yang satu dengan yang lainnya harus bisa saling mengerti , memahami dan saling terbuka . Seperti halnya didalam keluarga , dalam Persahabatan dibutuhnkan juga kepercayaan antara satu dengan yang lainnya. Rasa saling percaya akan mempererat hubungan antar sahabat.



:* Cinta Kasih terhadap Sesama Manusia

          Sebagai sesama makhluk ciptaan Allah SWT kita diwajibkan untuk saling menyayangi. Selain kepada keluarga atau sahabat kita juga harus bisa saling menyayangi antar sesama manusia. Melihat zaman yang semakin modern saat ini saya menghawatirkan sudah tidak adanya lagi Cinta kasih terhadap sesama. Pasalnya orang zaman sekarang berbeda dengan orang zaman dahulu. Mungkinkah semua itu karena faktor bertambahnya tahun demi tahun ??? hmmm, entahlah mungkin dibutuhkan kesadaran dari diri masing-masing untuk bisa saling peduli dan saling menyayangi antar sesama makhluk Allah SWT. Padahal Cinta Kasih terhadap sesama manusia dapat kita mulai dari hal kecil. Contohnya kita saling peduli terhadap sesama manusia atau orang yang berada disekitar kita. Sikap saling peduli itu yang dinamakan cinta kasih terhadap sesama. Saya melihat akhir-akhir ini banyak yang namanya kasus kekerasan , penganiayaan dll . Padahal sebagai sesama makhluk Allah kita harus bisa saling menyayangi. Rasa kebersamaan dan saling menyayangi antar sesama manusia harus bisa kita tunjukan kepada semua orang. Karena rasa kebersamaan dan saling menyayangi akan membawa kita kepada kedamaian. Bukan hanya kedamaian pribadi tetapi kedamaian untuk orang banyak.




          Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Cinta dan Kasih itu dapat kita berikan kepada siapapun tidak hanya terhadap pasangan . Karena arti dari Cinta Kasih itu sendiri sangat luas dan bersifat Universal. Cinta dan Kasih sangat diperlukan didalam kehidupan kita baik dilingkungan sekitar maupun dilingkungan luar. Yang terpenting adalah kesadaran diri kita tentang arti Cinta dan Kasih itu sendiri. Jangan sampai salah mengartikan . Allah telah menganugrahkan kepada kita Cinta dan Kasih dengan tujuan agar semua orang merasakan kedamaian lahir dan batin.

Hidup akan lebih berwarna apabila kita saling menyayangi antar sesama makhluk Tuhan ::))


^^Semoga Bermanfaat^^


0 komentar:

Posting Komentar