Senin, 20 Mei 2013

Jual Beli Online

Kemudahan dalam bertransaksi adalah salah satu penyebab mengapa toko online sangat menjamur belakangan ini.  Dengan begitu mudahnya kita dapat melakukan transaksi jual beli online di dunia maya.  Tiap hari bermunculan berbagai macam tawaran bisnis dan penawaran produk secara online, baik melalui Social media seperti facebook, twitter, Google+ dan juga melalui Iklan di banyak halaman website. Nah kali ini saya akan membahas salah satu Toko Online yang sudah begitu terkenal di Indonesia. Yuuuuuk simak dibawah ini…..


LAZADA adalah pusat belanja online di Indonesia yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara.
Harga yang ditawarkan di Lazada.co.id bervariasi mulai dari Rp. 150.000,00 hingga kisaran harga puluhan juta rupiah. Jadi jangan takut bila anda tidak memiliki uang banyak, anda bisa datang kapan saja untuk bisa membeli produk di Lazada.co.id.



  Tahap-tahap melakukan Transaksi Online di Lazada.co.id

1. Bila anda yang belum memiliki account sebaiknya anda buat terlebih dahulu account dengan identitas yang jelas.

                     

 2. Bagi anda yang sudah memiliki account, anda dapat langsung memilih barang yang akan anda pesan dengan cara mengklik barang yang anda inginkan.
                                                                                       
 3. Setelah kita klik kemudian klik “Beli Sekarang”, dan akan muncul jumlah barang pada “Troli” anda.

                                 
                       
 4. Setelah muncul laman Troli Belanja pilih "Lanjutkan Pembayaran"

Jika ingin menggunakan voucher, masukan kode voucher pada kolom yang tersedia, dan klik tombol   “Gunakan”. Dan Jika tidak menggunakan Vocher langsung klik saja “Lanjutkan Pembayaran”.

5. Kita dapat memilih cara pembanyaran yang kita ingin kan bisa melalui kartu kredit, bank transfer, atau pembayaran tunai saat pengiriman (cash on delivery) juga dapat dilakukan lewat Visa, Mandiri, dan BCA. Selain itu, LAZADA menyediakan layanan pembayaran COD.
                             
 6. Barang yang anda pesan akan sampai dalam jangka waktu 1-4 hari.

  7. Barang akan dikirim oleh Jasa Pengiriman JNE dll,  jadi anda tidak perlu bingung untuk biaya pengiriman karena sudah ditanggung sepenuhnya oleh Lazada.co.id



Sistem Keamanan Toko Online Lazada

Di zaman serba online seperti sekarang ini berbelanja tidaklah harus datang langsung ke toko-toko. Sekarang dapat dengan mudah mendapatkan barang yang kita inginkan dengan cukup memesan lewat internet atau order lewat sms. Namun dengan menjamurnya toko online anda harus berhati-hati karena tidak sedikit yang melakukan penipuan berkedok toko online. Untuk itu bagi anda yang ingin berbelanja Online lebih baik memilih toko online yang sudah pasti terjamin keamanannya seperti Lazada.co.id ini. Dalam melayani konsumen Lazada sangat tanggap dan cepat dalam merespon setiap pertanyaan dari konsumen. Lazada juga menyediakan pilihan pembayaran bisa melalui transfer , pembayaran di tempat (COD) dll.

Tapi bagi anda yang masih ragu-ragu untuk memilih belanja online ada tips agar terhindar dari yang namanya penipuan jual beli online :

1.      Menentukan Cara Pembayaran

Cari tahu mengenai sistem pembayaran yang digunakan oleh si merchant, apakah menggunakan PayPal, kartu kredit, atau pun transfer. PayPal merupakan alat pembayaran pada media online yang sering digunakan. PayPal akan membantu Anda yang tidak suka memberikan informasi kepada merchant. Dengan pembayaran menggunakan PayPal, maka merchant tidak akan mengecek data personal Anda, mereka hanya menerima uang dari PayPal saja. Jika bertransaksi menggunakan kartu kredit atau transfer secara langsung, berhati-hatilah. Pastikan proses transaksi berjalan dengan benar. Apabila proses tersebut sudah difinalisasi dan terjadi masalah, biasanya pihak merchant akan sulit untuk mengembalikan uang Anda.

2.      Jangan Tanggapi Email yang Tidak Dikenal


Jangan buka e-mail yang mencurigakan! Salah satu contoh e-mail yang mencurigakan seperti meminta Anda mengupdate informasi akun Anda. Jika Anda menerima e-mail seperti ini, jangan lakukan apa yang diperintah. Pihak bank tidak akan pernah meminta data sensitif Anda melalui e-mail. Sebaiknya Anda cek ulang alamat e-mail pengirim atau telepon langsung kepada customer service instansi yang bersangkutan. Karena bisa saja ketika anda mengikuti permintaan-permintaan si penjual justru itu menjadi suatu metode untuk memverifikasi data rekening anda.

3.      Periksa Keamanan Alamat Website

Ketika Anda sampai pada tahap pembayaran dan personal information, website tersebut harus dalam keadaan aman. Salah satu cirinya yaitu alamat website tersebut akan mencantumkan huruf "s" setelah "http:" sehingga menjadi "https:". Huruf "S" di belakang "http" tersebut berarti Secure. Biasanya pihak yang menggunakan https telah memberikan perlindungan ekstra di website mereka.

4.      Jangan Membayar di Luar Sistem yang Seharusnya

Jika tiba-tiba merchant tersebut mengabaikan sistem pembayaran mereka yang seharusnya dan menginginkan sistem pembayaran lain, misalnya pembayaran pada rekening mereka yang lain, maka Anda perlu mewaspadainya. Jangan lakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan sistem mereka yang seharusnya.

 5.      Perhatikan Reputasi Penjual
Jika ingin berbelanja melalui forum, perhatikan reputasi penjual! Setidaknya si penjual tersebut harus sudah menjual setidaknya 10 item dan mendapatkan testimoni yang baik dari pihak pembeli yang lain. Jika si pihak penjual belum mencapai kriteria tersebut, telitilah terlebih dahulu merchant tersebut. Jika Anda masih ragu-ragu, sebaiknya batalkan niat Anda untuk membeli produk yang diinginkan melalui penjual tersebut.



Sumber :

 www.lazada.co.id

http://www.sby.dnet.net.id/dnews/juli-2012/article-5-tips-aman-bertransaksi-online-169.html







0 komentar:

Posting Komentar