Rabu, 24 April 2013

Social Network ( Twitter )


Dipostingan kali ini saya akan membahas tentang salah satu social network yang sudah sangat popular di dunia. Yaaaaaaap apalagi kalo bukan Twitter. Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui apa itu twitter. Untuk lebih jelasnya yuuuuuk kita lihat postingan dibawah ini ^_^
       Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Di Indonesia sendiri Twitter memang masih kalah populer dibandingkan dengan Facebook yang saat ini sudah mencapai lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bahwa Twitter juga merupakan sebuah jejaring sosial yang cukup ampuh apabila Anda memanfaatkannya untuk mencari, mendapatkan teman serta memasarkan bisnis online Anda.

     Di Negara maju seperti Amerika misalnya, Twitter sangatlah populer bahkan hampir bisa disamakan kepopulerannya dengan Facebook. Salah satu hal yang menyebabkan mengapa Twitter begitu populer adalah karena kesederhanaannya serta mampu menjawab tantangan sebuah media sosial untuk saling berkomunikasi secara lebih simpel antar pengguna.


Lalu apa bedanya Twitter dengan Facebook ??? yuuuuuuk kita lihat …

Perbedaan anatra Twitter dan Facebook : 
1. Pada prinsipnya , Twitter merupakan jejaring informasi atau jejaring social yang bertujuan memberikan informasi terbaru melalui system microblogging yang dilakukan oleh pemilik akun tersebut sedangkan Facebook lebih kepada interaksi social secara langsung dimana para pengguna bisa melakukan aktivitas interaksi langsung melalui komentar-komentar disebuah status.
    2. Facebook cocok bagi mereka yang menginginkan interaksi yang lebih terbuka , sementara twitter lebih  kepada kicauan-kicauan dengan interaksi yang lebih tertutup.
    3. Jika dilihat secara fitur Facebook menawarkan berbagai macam fitur yang lebih lengkap tidak seperti twitter yang fitur-fiturnya masih dianggap kurang lengkap.

Setelah mengetahui perbedaan kedua social network antara facebook dan twitter yuuuuk sekarang kita ulas lebih dalam tentang Twitter.

  • SEJARAH TWITTER
Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Evan Williams, Jack Dorsey, dan Biz Stone. Pada tahun 2006 Williams dan Biz Stone mendirikan Obvious Corp bersama dengan Odeo mantan karyawan. Sejarah Twitter diciptakan sebagai perusahaan yang terpisah pada April 2007 oleh Obvious Corp Jack Dorsey adalah chief executive officer dari kegugupan sampai Oktober 2008 ketika Williams menjadi CEO dan Dorsey bergeser ke posisi ketua dewan direksi. Twitter adalah jejaring sosial dan micro-blogging dimana kita sebagai pengguna dapat memberikan informasi update (perbaruan) informasi tentang diri kita, bisnis dan lain sebagainya. 
Sejak pembentukannya pada tahun 2006, Twitter telah menjadi sangat populer di seluruh dunia Pada tahun 2007 popularitas Twitter mulai meningkat ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Bagi Anda yang sudah biasa dengan dunia blog tentunya paham bahwa kita dapat menuliskan artikel ke dalam blog kita. Namun jangan membayangkan bahwa Twitter juga dapat melakukan hal tersebut secara bebas namun disinilah uniknya Twitter. Kita hanya dibatasi 140 karakter untuk menuliskan artikel, tidak bisa gambar dan video. Oleh karena itulah makanya Twitter digolongkan ke dalam jenis micro-blogging. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa orang Indonesia kurang menyukai jenis micro-blogging. Tapi justru itulah letak kekuatan dan kehebatan dari Twitter. Tapi jangan anggap enteng dulu Twitter, saat ini orang Indonesi sudah sangat banyak dan semakin bertambah. Khusus bagi Anda yang menjalankan bisnis online via Internet akan dapat memanfaatkan Twitter sebagai media promosi gratis yang cukup efektif. 


  • KONSEP TWITTER
Twitter masuk ke dalam 50 situs yang paling sering dikunjungi . Didirikan pertama kali oleh Jack Dorsey, dari  perusahaan podcasting Odeo. Idenya sebetulnya cukup sederhana, mengkombinasikan SMS dengan situs jejaring sosial. Inspirasi dasar Twitter muncul dari SMS group messaging service TXTMob.

Awalnya layanan ini diberi nama “twttr”, terinspirasi dari nama situs sharing foto Flickr. Dan layanan ini awalnya juga hanya terbatas digunakan dalam internal perusahaan Odeo saja. Pada bulan Juli 2006 layanan ini mulai diluncurkan untuk public dengan nama “Twitter”. Nama layanan situs tersebut diperkuat dengan logo burung dan arti nama “Twitter” sendiri yang artinya “kicau burung”.  Saat peluncuran pertama kali Twitter sudah memiliki brand, nama serta identitas yang jelas, padahal pendirinya belum tahu akan seperti apa model bisnis layanan ini.

Oktober 2006, Jack Dorsey menggandeng Biz Stone, Evan Williams membentuk Obvious Corp untuk membeli asset Odeo serta Twitter. Selanjutnya Odeo dan Twitter menjadi perusahaan yang terpisah. Untuk sumber dana dari Twitter sendiri didukung oleh perusahaan modal ventura (yang umum sering mendanai perusahaan start up yang potensial) seperti ; Benchmark Capital, Institusional Venture Partners, Union Square Ventures. Proses pendanaan Twitter ini menjunjukkan bahwa dalam bisnis teknologi internet seringkali suatu model bisnis awal memerlukan “suntikan dana” yang kuat. Karena belum tahu kapan model bisnis ini akan mulai menghasilkan. Sehingga perencanaan keuangan yang kuat mutlak diperlukan agar bisa survive dan menghasilkan cashflow positif.

Twitter terus berkembang menjadi situs micro-blogging dan menjadi media alternatif yang menarik ditengah hiruk pikuknya situs-situs jejaring sosial, dijaman Internet Web 2.0. Twitter tahun 2009 menambahkan kolom pencari (search bar), popular topics yang kemudian menjadi trending topics. Inovasi ini telah menempatkan Twitter menjadi salah satu mesin pencari (search engine) yang khas dan unik. Mencari sesuatu berdasarkan topik-topik yang menjadi tema tweet para “Tweeps”. Suatu bentuk pencarian yang real-time dan lebih human mind-oriented. Twitter juga menambahkan fitur “Twitter List” yang memungkinkan kita mengikuti dan membalas daftar authors, bukan hanya sekadar mem-follow author individu.

            Inovasi-inovasi Twitter tersebut berbuah manis, pada awal tahun 2010, Google dan Microsoft  membayar puluhan  juta dollar untuk memasukkan hasil pencarian Twitter kedalam hasil pencarian search engine Google dan Bing (milik Microsoft). 

  • TEKNOLOGI TWITTER
 Twitter adalah layanan microblog yang hanya memuat 140 karakter. Awalnya Twitter diremehkan karena hanya mampu memuat pesan pendek. Namun ternyata kekuatan Twitter justru terletak pada formatnya yang sangat ringkas. Twitter juga terkenal dengan layanan retweetnya yang mampu membuat pesan berantai sehingga bisa menjangkau khalayak luas. Twitter terbukti efektis sebagai media informasi komersial maupun non komersial.

  • KELEBIHAN TWITTER
 Kalo menurut saya pribadi kelebihan dari twitter itu banyak sekali diantaranya :

1.     Kita dapat mengetahui berita-berita terupdate melalui twitter.
2.    Keberadaan twitter memudahkan kita untuk berinteraksi dengan orang-orang dari seluruh belaha dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan menggunakan telepon.
3.      Dengan adanya Twitter, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat
4.      Dapat membuka peluang usaha bisnis melalui twitter.
5.      Pengguna twitter dapat melihat kicauan penulis lain atau yang biasa kita sebut followers.

  • KEKURANGAN TWITTER
Dimana ada kelebihan disitu pasti ada kekurangan. Nah apa saja sih kekurangan dari social network yang satu ini ??? yukk kita lihat dibawah ini

1.      Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
2.      Penggunaan twitter terbilang lebih rumit dan ribet dibanding facebook. Kita harus menguasai beberapa simbol dalam twitter seperti @, RT, #, dan masih banyak simbol yang lainnya.
3.      Karekter yang digunakan dibatasi hanya sampai 140 karakter jauh lebih sedikit dibanding facebook yang mampu menampung 500 karakter.
4.      Dalam twitter tidak tersedia fitur “chatting” seperti di facebook sehingga kita tidak tahu siapa saja yang sedang online
5.   Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring social ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduanyang berlebihan dan terganggunya privasi orang.

  •  ·         KEAMANAN / SECURITY
Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan. Penyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi pribadi sehingga “program keamanan informasi yang komprehensif” untuk secara independen diaudit dua kali setahun.

Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer (worm) XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan, cacing komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan mengirim-tampil dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk mengirim sembulan iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs porno.

  • PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN DI MASA DEPAN
Pada perkembangannya, Twitter yang awalnya dirancang untuk digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana pendukung dalam pekerjaan, sekarang ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini dikarenakan fungsi Twitter yang sekarang sebagai wadah berkumpulnya para penggemar artis-artis. Bisa saja pengguna twitter tersebut adalah selebritis atau hanya sekedar basis fans. Dengan begitu para pengikut akun selebritis tersebut bisa memantau berita terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang pertama kali menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai pelopor akun selebritis.

Di Indonesia, Twitter sangat popular sudah hampir menyaingi facebook. Terlebih lagi, kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada serta aplikasi yang mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara nomor satu untuk urusan Twitter.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kemunculan Twitter selain menambah jejaring social di dunia maya , Twitter juga merupakan salah satu social network yang bisa digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang dibelahan dunia manapun. Banyak hal positif yang bisa didapat dari jejaring social yang satu ini, akan tetapi ada juga yang memanfaatkan jejaring social ini untuk hal-hal yang sifatnya mengganggu. Untuk itu bagi anda pengguna Twitter sebaiknya gunakanlah jejaring social untuk hal-hal yang sifatnya positif seperti berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain dll. 

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kaliaaaaaaaaan yang membacanya ^o^ 

  


SUMBER :





0 komentar:

Posting Komentar